Cara Membuat Air Wangi, Bibit Minyak Wangi Atau Parfum

bibit minyak parfum laundry

Minyak wangi atau parfum merupakan gaya hidup modern saat ini. Adanya parfum membuat percaya diri pemakainya bertambah. Apa jadinya bila badan kita bau, tentu akan dijauhi rekan-rekannya. Nah hal ini membuat bisnis parfum semakin wangi saja. Lalu bagaimana sih cara membuat bibit parfum atau minyak wangi itu? Simak artikel di bawah ini yang penulis kutip dari berbagai sumber.

Bahan

Bibit minyak wangi  berasal dari sari akar tanaman, kulit batang pohon, bunga dan sebagainya. Bunga yang sering dijadikan sebagai bahan untuk minyak wangi misalnya saja bunga melati, bunga cendana, bunga mawar, bunga kamboja, bunga lavender, bunga matahari dan sebagainya. Setelah mengetahui bahan yang digunakan, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memperoleh sari minyak wangi tersebut. Karena pada dasarnya ada beberapa pilihan yang bisa digunakan yaitu dengan proses perendaman, ekstraksi atau menyimpan wewangian dengan larutan tertentu. Cara lainnya dengan penyulingan atau destilasi dengan alat penyulingan dan dengan merendam.

Cara Membuat
Anda bisa mencoba terlebih dahulu membuat minyak wangi dengan proses perendaman. Misalnya menggunakan bunga mawar, melati atau bunga yang ada di sekitar Anda. Ambil bunga secukupnya. Jika berukuran besar bisa dipotong kecil-kecil atau cukup dibelah dua. Kemudian siapkan wadah semacam baskom dan kain berukuran besar. Kain diletakkan di atas baskom kemudian bahan yang disiapkan misalnya bunga melati atau mawar diletakkan di atas kain tersebut, kemudian siram dengan air hingga kain tenggelam dan bunga pun terendam. Tutup rapat dan diamkan selama satu malam. Kemudian bunga dalam kain tidak perlu dikeluarkan dari kain kemudian langsung diperas. Air dalam baskom kemudian direbus hingga menyisakan sedikit air. Sisa air inilah yang menjadi bibit minyak wangi. Sayangnya cara sederhana ini hanya menghasilkan sedikit bibit wangi saja. Hanya cocok untuk dibuat sendiri atau untuk belajar tetapi tidak cocok untuk usaha.

Penyulingan

Sebelumnya perlu disiapkan alat dan bahannya yaitu mesin penghancur bahan semacam blender, mesin atau alat penyulingan dengan kapasitas sekitar 10 kg bisa kurang atau lebih tergantung pembuat mesin tersebut lalu kompor untuk sumber panas. Jangan lupa juga menyediakan bahan dasar yang diinginkan misalnya bunga mawar, melati, cendana, lavender, kenanga, akar-akaran, biji atau buah dan sebagainya. Dan berikut ini proses pembuatannnya :

Bahan dasar perlu dihancurkan terlebih dahulu menggunakan blender. Jika sudah dihancurkan atau dilembutkan kemudian dimasukan dalam mesin penyulingan yang sebelumnya telah diisi dengan air. Proses penyulingan dilakukan dengan merebusnya hingga diperoleh embun atau uap hasil sulingan. Uap hasil sulingan inilah yang menjadi bibit minyak wangi. Selanjutnya bisa dicampur dengan mineral oil atau phenyl eher alkohol dan fixative

Begitulah cara membuat air wangi atau membuat bibit minyak wangi atau parfum.
Sumber: CaraMembuatMinyak.Com

Incoming search terms:

One Response

  1. Arya Komara December 14, 2015

Add Comment

 
Klik Chat Lewat Whatsapp